tentang wanita indonesia
info kesehatan wanita
 
  KUESIONER ALUMNI & STAKEHOLDER  
Diploma Desain Komunikasi Visual

Perkembangan dunia industri kreatif dewasa ini diIndonesiasemakin maju pesat ditambah dengan adanya perhatian pemerintah yang mulai melihat potensi industri kreatif di negara ini perlu dikembangkan lebih lanjut, maka tuntutan kebutuhan akan tenaga terampil dalam industri kreatif (khususnya yang terkait dengan Desain Komunikasi Visual) akan terus meningkat. Oleh karena itu industri kreatif merupakan peluang bagi para mahasiswa Desain Komunikasi Visual yang nantinya setelah menyelesaikan pendidikan vokasi akan terjun masuk ke salah satu industri kreatif yang terkait dengan bidangnya tersebut.

Program studi D3 Desain Komunikasi Visual, secara lembaga formal strukturnya dibawah Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret memiliki tujuan menghasilkan seorang Ahli Madya (A.Md) yang memiliki kemampuan teknis guna memenuhi kebutuhan dunia industri kreatif yang memiliki standar kompetensi pada desain grafis, multimedia dan komunikasi visual periklanan. Program studi D3 Desain Komunikasi Visual sudah berjalan selama 10 tahun  (berdiri tahun 2000),  maka dalam pengelolaannya akan berfokus pada hal yang bersifat pengembangan dan peningkatan institusi, dalam upaya mendapatkan kepercayaan publik atas lembaga, maka program studi D3 Desain Komunikasi Visual akan mengembangkan beberapa fokus penting antara lain sistem manajemen, kurikulum (Kurikulum Berbasis Kompetensi), sumber daya manusia dan infrastruktur.

Visi

  1. Menjadi program studi Desain Komunikasi Visual terapan yang mengacu pada ilmu pengetahuan, wawasan aktual dan berorientasi pada perkembangan teknologi.
  2. Menjadi program studi yang berbasis pada nilai-nilai budaya nasional dalam implementasi karya-karya desain modern.
  3. Menjadi program studi yang memiliki kompetensi di bidangnya untuk menjadi mitra pemerintah, masyarakat serta dunia industri kerja dan berperan serta dalam pengembangan industri kreatif diIndonesia.
Misi
  1. Mendidik tenaga ahli yang memiliki kompetensi dengan menguasai pengetahuan dan wawasan yang berbasis teori komunikasi visual, kreativitas, ketrampilan mendesain baik secara manual maupun digital, serta memiliki sikap mandiri dan bertanggung jawab pada pekerjaannya.
  2. Mendidik tenaga ahli untuk mengenal dan mendalami sekaligus memberdayakan potensi budaya nasional dalam penerapannya ke dalam karya-karya desain modern.
  3. Mendidik tenaga ahli dengan menekankan pada improvement dan aplikasi keahlian profesional dalam bidang Desain Grafis, Multimedia, dan Komunikasi Visual Periklanan dan penguasaan keahlian bidang Komunikasi Visual dengan mempertimbangkan faktor-faktor persuasi, komunikasi, visual, audio dan text.
  4. Mendidik tenaga ahli komunikasi visual yang difokuskan pada keahlian dalam bidang desain yang berbasis sistem, seni dan teknologi yang memiliki kemampuan merancang karya desain komunikasi visual statis maupun dinamis.
Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa kewirausahaan tinggi sehingga memiliki kemampuan menciptakan lapangan pekerjaan.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu merumuskan gagasan secara sistematis dan menerapkannya dengan tingkat kemampuan teknis yang berstandar industri serta mengkomunikasikan karya secara efektif.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu bekerja sama dengan bidang keahlian lain yang terkait dalam suatu organisasi kerja.
Sasaran

Kompetensi lulusan program studi D3 Desain Komunikasi Visual diharapkan memiliki kemampuan utama berupa kecerdasan dan ketrampilan kreatif memecahkan berbagai masalah bidang komunikasi visual dengan penekanan pada sisi invensi dan inovasi pribadi yang profesional dan berlandaskan budaya nasional.

Kriya Tekstil


.

 



Cari Artikel
Hanya mencari di fs.uns.ac.id
 









 
 

© Copyright 2013 Fakultas Sastra dan Seni Rupa
All Rights Reserved by ICT FSSR.