tentang wanita indonesia
info kesehatan wanita
 
  KUESIONER ALUMNI & STAKEHOLDER  
Desain Komunikasi Visual

  Sejak tahun 2003, media digital, telah meningkat pesat dalam perkembangan mutakhir berupa produk komputer dan jaringan internet. Dewasa ini telahmuncul cakrawala kreatif yang menjelma sebagai dunia ekspresi visual-comunication “ Seni dan media” yang bersimbiose secara mutlak, dengan demikian seni dan media digital telah menetapkan dan memantapkan keber-adaannya sebagai bidang profesi Aesthetic, Ethic dan Artistik........................... Jurusan seni rupa FSSR menetapkan sebuah jurusan baru dengan spesifikasi Desain Komunikasi Visual (DKV) yang sebelumnya tersedia apa adanya sebagai perluasan dari jurusan Seni Graphis. Dewasa ini orientasi kurikulumnya berkembang dan telah mencakup tiga wilayah-area (gambar/image, suara/sound, dan teks). Orientasinya tidak dibatasi pada gaya dan penggolongan berdasar karakter seni rupa dan media. Melalui kurikulum CBE (Competency Based Education And Behavioral Objectives Program) yang ditata sedemikian rupa agar institusi selalu berupaya untuk melengkapi para siswa suatu pengetahuan dan ketrampilan yang menyeluruh yang memberikan mereka peluang untuk memilih dan mengambil pilihan belajar dengan bebas. (dengan asumsi bahwa orientasi siswa adalah sangat jelas yaitu, berupa kesadaran profesi kareer yang sudah dikenali dan akan menjadi bagian hidupnya, bisa bersifat normatif maupun empiric artinya dapat dilihat, terukur dan account ability, tidak sebagai gambaran ideal saja.) Kurikulum DKV telah dirancang dan disiapkan untuk merekomendasikan dan menghubungkan ketiga bidang area-sasaran image, sound dan teks. Tiga materi dasar ini perlu dan penting bagi “seni media”. Oleh karena itu secara formal penyediaan fasilitas oleh institusi dan management program kurikulumnya harus sangat memadai sebagai salah satu bagian dari tanduk Universitas dalam bentuk Jurusan DKV. Didalamnya telah tercakup sarana dan prasarana studio sound digital yang dilengkapi dengan info software dan info technical hardware mutakhir. Terdapat juga satu imaging studio yang juga telah dilengkapi dengan perlengkapan editing editing penerangannya, serta terdapat Animation studio yang lengkap dengan fasilitas internet, Server jaringan. Semua studio ini dilengkapi dengan AC, LCD Projector yang nyaman untuk belajar dan bekerja. Prinsip dasar studi tahun pertama dan kedua, para siswa menerima bimbingan dan pelatihan praktis dari ahli, dengan tutorial dalam semua bentuk ethic, aesthetic, artistik dan teknik, mencakup problem umum gambar-desain, computer grapic, sound-suara dan teks. Setelah itu, para siswa bebas memilih bidang advance spesialisasi mereka berdasarkan pada apakah mereka mengingin-kan untuk menjadi seorang generalis seperti Dekstop Publishing ataupun spesialis Art-Media.

Visi

  1. Jurusan Desain Komunikasi Visual FSSR UNS adalah sebagai pusat pengembangan ilmu, teknologi, seni dan desain yang berlandaskan pada nilai luhur budaya nasional, dan budaya Jawa sebagai fokus penting sumber idea-konsep dalam era perubahan masyarakat
  2. Mengembangkan pentingnya Desain Komunikasi Visual sebagai componen utama dalam penomena ekonomi global dan pemasaran yang bersifat integral.
Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang menuntut pengembangan diri dosen dan mendorong kemandirian mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan, ketrampilan dan sikap.
  2. Menyelenggarakan Penelitian yang mengarah pada penemuan baru dibidang ilmu, teknologi dan khususnya Desain Komunikasi Visual.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada upaya pembrdayaan masyarakat.
Tujuan
  1. Menghasilkan Sarjana S1 yang memiliki profesional skill dan sikap ilmiah dalam bidang Desain Komunikasi Visual.
  2. Menghasilkan Sarjana S1 yang siap latih dan didik sebagai desainer creative, art derector untuk advertising agency, studio design, dan bahkan comporate desain.
  3. Menghasilkan Sarjana S1 yang mampu bekerja mandiri, mampu menemu-kan dan memecahkan permasalahan secara creative.
 
Visit Website
.

 



Cari Artikel
Hanya mencari di fs.uns.ac.id
 









 
 

© Copyright 2013 Fakultas Sastra dan Seni Rupa
All Rights Reserved by ICT FSSR.