tentang wanita indonesia
info kesehatan wanita
 
  KUESIONER ALUMNI & STAKEHOLDER  
Desain Interior

Awalnya merupakan Program Studi Arsitektur Interior, Jurusan Seni Rupa Fakultas Sastra dan Budaya yang berdiri pada tahun 1981. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0201/0/1995 berubah menjadi Program Studi Desain Interior, jurusan Seni Rupa, Fakultas Sastra. Dengan diterbitkannya SK Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 156/0/2002 tertanggal 13 Agustus 2002 tentang PERUBAHAN ATAS KEPUTUSAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 0201/0/1995 TENTANG ORGANISASI DAN TATA KERJA UNIVERSITAS SBELAS MARET, maka Program studi Desain Interior berubah menjadi Jurusan desain Interior, Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret Surakarta. Selama rentang waktu sejak berdirinya, telah menghasilkan lulusan yang tersebar diberbagai tempat Indonesia, diantaranya bekerja sebagai dosen perguruan tinggi negeri maupun swasta terkemuka, sebagai desainer mebel pada industri mebel, sebagai wiraswastawan yang bergerak dalam bidang mebel dan pelaksanaan desain Interior. Pengembangan Jurusan Desain Interior telah mengalami lonjakan yang cukup signifikan yaitu dengan tenaga pengajar mayoritas sudah berpendidikan S2 dan S3 (dalam proses studi), sarana dan prasarana seperti laboratorium, ruang kelas ber AC dan peralatan penunjang pengajaran yang lengkap, serta kurikulum yang selalu disesuaikan dengan tuntutan kebutuhan sumber daya manusia yang profesional dalam bidang desain interior yang perkembangannya sangat cepat. Selain itu telah banyak karya-karya ilmiah yang dihasilkan seperti penelitian dosen, tulisan ilmiah yang diterbitkan oleh jurnal ilmiah baik di Universitas Sebelas Maret sendiri maupun Universitas lain. Pengabdian pada masyarakat dalam bentuk pembinaan dan pengembangan industri kerajianan di wilayah Surakarta dan Jawa Tengah, kegiatan pembinaan dan konsultatif desain interior melalui media cetak dan siaran televisi lokal Surakarta. Pameran karya desain Interior dan mebel pada ajang pameran skala lokal, nasional maupun internasional.

Visi

Menyiapkan sumber daya manusia terdidik dan bertaqwa kepada Tuhan YME yang bertumpu pada budaya nasional terutama nilai-nilai luhur budaya Jawa serta keahlian dan ketrampilan dalam bidang desain interior yang mampu bersaing pada tingkat nasional maupun internasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan Desain Interior yang demokratis terpaduantara kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler, pemanfaatan teknologi dan informasi yang mutakhir dengan memperhatikan perkembangan masyarakat.
  2. Menyelenggarakan pendidikan Desain Interior dan pengabdian masya-rakat yang berbasis pada penelitian dan eksperimen kreatif untuk men-jawab berbagai permasalahan Desain Interior di tingkat nasional maupun internasional.
Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan YME, berbudaya dan memiliki sikap dan jati diri yang dilandasi Budaya Jawa pada khususnya dan Indonesia pada umumnya yang berkemampuan akademik dan profesional dibidang Desain Interior.
  2. Menghasilkan produk-produk penelitian, karya ilmiah, karya desain yang bertumpu & sekaligus berdampak pada pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi & seni yang berorientasi kepada kepentingan masyarakat umum.
  3. Menghasilkan lulusan dibidang Desain Interior yang mandiri dan beretos kerja tinggi sehingga mampu bersaing ditingkat nasional maupun internasional.
Program PengembanganArah program pengembangan Jurusan Desain Interior meliputi empat hal:
  1. Meningkatkan proses belajar mengajar yang meliputi : memperpendek masa studi mahasiswa, penyaluran proses magang ( kerja praktek ), manajemen pelaksanaan tugas akhir yang berkoordinir dan meningkatkan kualitas lulusan.
  2. Merintis pendirian Pusat Kajian dan Pengembangan desain yang diharap-kan menjadi Pusat Studi andalan pengembangan desain UNS.
  3. Meningkatkan kualitas penelitian dan eksperimen kreatif melalui kompe-tensi dan ajang pameran karya desain.
.

 



Cari Artikel
Hanya mencari di fs.uns.ac.id
 









 
 

© Copyright 2013 Fakultas Sastra dan Seni Rupa
All Rights Reserved by ICT FSSR.