tentang wanita indonesia
info kesehatan wanita
 
  KUESIONER ALUMNI & STAKEHOLDER  
Seni Rupa Murni

Jurusan Seni Rupa Murni (JSRM) adalah salah satu dari delapan Jurusan di bawah Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) Universitas Sebelas Maret. Secara Embrional berawal dari sebuah jurusan bernama Jurusan Seni Rupa berdiri tahun 1976 bersamaan dengan berdirinya UNS, di dalam Fakultas Sastra Budaya (SASDAYA) dengan disiplin Seni Lukis dan Seni Patung. Tahun 1977 berkembang dengan dibukanya disiplin Desain Tekstil dan pada tahun 1979 dibuka disiplin Grafis selanjutnya pada tahun 1981 berkembang dengan dibukanya disiplin Seni Kriya dan Desain Interior. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor : 0555/0/1983 tentang jenis dan Jumlah Jurusan pada Fakultas di Lingkungan Universitas Sebelas Maret, maka pada tahun 1984, Jurusan Seni Rupa berada pada Fakultas Sastra dengan nama Jurusan Seni Kriya dan berdasarkan Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 39/DIKTI/Kep /1984 tentang jenis dan Jumlah Program studi, maka jurusan seni Kriya akultas Sastra Universitas Sebelas Maret Surakarta memiliki 6 Program Studi, yaitu Prodi (1).Seni Lukis, (2).Seni Petung, (3).Grafis, (4).Desain Tekstil, (5).Desain Kriya, (6).Desain Interior. Secara yuridis status pendirian JSRM berdasar SK Rektor Nomor: 823/J27/KP/2002 tanggal 31 Desember 2002. SK tersebut sebagai tindak lanjut dari Surat Keputusan Mendiknas RI No. 156/O/2002 tanggal 13 Agustus 2002 yang menjadi dasar pengembangan nama fakultas Sastra dengan lima jurusan selanjutnya menjadi Fakultas Sastra dan Seni Rupa dengan pemekaran delapan jurusan. Perubahan nama fakultas ini berdasarkan pada upaya pengembangan kedepan, mengingat Jurusan Seni Rupa yang semula dibawah satu jurusan pengelola, berkembang menjadi empat jurusan (Seni Rupa Murni, Desain Komunikasi Visual, Desain Interior, dan kriya Seni Tekstil) .

JRSM semula hanya Program studi dibawah Jurusan seni Rupa, Semarang telah menjadi jurusan yang memiliki empat Minat Utama yaitu Seni Lukis, Seni Patung, Seni Grafis, dan keramik. Dalam Rangka peningkatan kualitas PBM, Persiapan-persiapan pengembangan JSRM ini telah lama            

diupayakan, bahkan ketika masih berstatus Program Studi telah mengikuti kompetisi peraih dana hibah dari pusat (DIKTI). Tahun 2002 dan 2003 Program Studi /JSRM meraih hibah dari Program Semi-QUE IV lewat judul : Penggunaan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Sarjana dan Pengelolaan Jurusan/ Program Studi Seni Rupa Murni Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret. secara garis besar karakteristik kegiatan Program tersebut adalah peningkatan kualitas pelaksanaan PBM dan pengelolaan manajemen jurusan yang dikembangkan kearah basis Teknologi Informasi(TI).

Visi

Sebagai salah satu pusat pemikiran, pengembangan, dan pengkajian yang ikut memikul tanggung jawab dalam rangka menyiapkan anggota masyarakat sebagai Sarjana Seni Rupa Murni yang berkualitas (baik teori maupun praktek)berbasis nilai-nilai budaya lokal, serta melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi demi meningkatkan daya saing Bangsa.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan kesenirupaan yang mendukung pem-bangunan demi kemajuan Bangsa dalam suasana akademik yang sehat, demokratis, dan penguasaan teknologi informasi mutakhir; yang tetap berakar pada budaya masyarakat (local-culture)
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berorientasi pada pengembangan ilmu, teknologi, dan Seni dalam rangka menghadapi berbagai persoalan baik dalam skala lokal, nasional, maupun internasional.
  3. Menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat dengan berorientasi pada pemberdayaan masyarakat khususnya dalam dinamika kesenirupaan.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan berkemampuan akademik,kreatif, dan profesional dalam bidang kesenirupaan, mandiri, sehingga mampu menghadapi per-kembangan jaman.
  2. Menghasilkan pemikiran dan penelitian khususnya dalm bidang keseni-rupaan yang berkualitas untuk pengembangan pendidikan, ilmu, pengetahuan, teknologi dan seni dalam rangka menjawab permasalahan yang bersifat lokal, nasional, maupun internasional.
  3. Menghasilkan karya-karya pengabdian kepada masyarakat yang ber-kualitas didasarkan pada penerapan IPTEK dan Seni serta pemberdayaan masyarakat khususnya dalam dinamika kesenirupaan.
Jurusan Seni Rupa Murni
.

 



Cari Artikel
Hanya mencari di fs.uns.ac.id
 









 
 

© Copyright 2013 Fakultas Sastra dan Seni Rupa
All Rights Reserved by ICT FSSR.