tentang wanita indonesia
info kesehatan wanita
 
  KUESIONER ALUMNI & STAKEHOLDER  
Ilmu Sejarah

Jurusan Ilmu Sejarah Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret di selenggarakan Pertama Kali Pada Tanggal 8 Maret 1976. Berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) No.10 tahun 1976. Jurusan Sejarah merupakan Program Studi yang berawal dari Program Studi pendidikan Sejarah di institusi-institusi sebelumnya yaitu dari IKIP Surakarta, Universitas gabungan Surakarta (UGS) dan akhirnya menjadi Universitas Sebelas Maret sampai sekarang.

Salah satu pendirian program studi ilmu sejarah adalah untuk mengembangkan pendidikan ilmu-ilmu humaniora, dengan dasar pemikiran bahwa sejarah adalah salah satu bagian yang penting untuk dipelajari. Orientasi akademi Jurusan Ilmu Sejarah diarahkan untuk mengembangkan pendidikan dan riset dibidang Sejarah. Proses pendidikan dikemas dengan prinsip-prinsip profe-sionalisme sehingga diharapkan dapat melahirkan sejarawan yang handal dan profesional.

Materi pendidikan difokuskan pada kajian sejarah Indonesia dengan ditambah studi sejarah kewilayahan seperti Sejarah Barat, Sejarah Eropa, Sejarah Asia Tenggara, Sejarah Afrika. Dengan demikian lapangan kerja lulusan jurusan sejarah terbuka cukup luas di berbagai instansi pemerintah dan swasta di dalam dan luar negeri, seperti di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional, arsip Nasional dan arsip daerah, Departemen Luar Negeri serta lembaga-lembaga riset seperti LIPI dan pusat-pusat studi maupun penelitian ilmu-ilmu sosial, juga dapat memasuki dunia pers. kebudayaan tetap dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat luas.

Visi

Menjadi lembaga jurusan yang maju, unggul dan terpercaya di tingkat internasional dalam ilmu sejarah yang bertumpu pada budaya nasional, terutama nilai-nilai luhur budaya Jawa.

Misi

Berdasarkan visi tersebut, misi Jurusan Ilmu Sejarah Fakultas Sastra dan Seni Rupa UNS dirumuskan sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang mampu mendorong kemandirian yang memadai serta profesional di bidang kajian Sejarah Kebudayaan.
  2. Menyelenggarakan peneltian di bidang Sejarah Kebudayaan yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan pengembangan masyarkat.
  3. Menyelenggrakan kegiatan pengabdian pada masyrakat yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat
Tujuan

Untuk melaksanakan misinya itu Jurusan Sejarah Fakultas Sastra UNS menetapkan tujuan pengembangan sebagai berikut :

  1. Menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Allah yang Maha Esa, berbudaya dan mempunyai kemampuan akademi dan profesional yang memadai di bidang spesifikasi Sejarah Kebudayaan.
  2. Menghasilkan produk-produk penelitian yang bertumpu dan sekaligus berdampak pada pengembangan pengetahuan yang berwawasan kebudayaan, serta berorientasi pada kepentingan masyarakat luas.
  3. Menjadi pusat kajian sejarah kebudayaan dan konsultan dalam bidang pembuatan atau perumusan kebjakan pembangunan
Ilmu Sejarah

 

.

 



Cari Artikel
Hanya mencari di fs.uns.ac.id
 









 
 

© Copyright 2013 Fakultas Sastra dan Seni Rupa
All Rights Reserved by ICT FSSR.