tentang wanita indonesia
info kesehatan wanita
 
  KUESIONER ALUMNI & STAKEHOLDER  
Sastra Inggris

Jurusan Sastra Inggris berdiri bersama dengan berdirinya UNS. Jurusan ini berasal dari Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris IKIP Surakarta, yang telah bergabung dengan UNS untuk mendirikan Fakultas Sastra.

Visi

Jurusan Sastra Inggris adalah salah satu lembaga pendidikan yang ikut bertanggung jawab dalam mengembangkan dan menghasilkan sumber daya manusia yang bertaqwa, berbudi luhur, mandiri dan profesional dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi untuk ikut serta dalam memposisikan bangsa dalam percaturan global.

Misi

Misi Jurusan Sastra Inggris  ialah menyelenggarakan  Tri  Dharma  Perguruan Tinggi untuk menghasilkan :

  1. Lulusan yang berkemampuan akademik yang kritis, cakap dan profesional dalam bidang ilmu budaya dan kompetitif dalam menghadapi persaingan global.
  2. Produk penelitian, gagasan akademik,  dan teknologi  untuk ikut mengembangkan ilmu budaya dan profesionalisme yang berguna baik bagi ilmu itu sendiri maupun bagi masyarakat.
Program Pengembangan
Jurusan ini mengembangkan 4 bidang keilmuan, yaitu bidang kebahasaan/ Linguistik, Sastra Inggris, Penerjemahan dan Studi Amerika. Selain itu, Jurusan ini juga mengembangkan English for Spesific Purposes, yaitu English for PR , English for business, English for Tourism, dan English for Journalism.

Sarana Pendukung

Selain diperpustakaan yang dikelola fakultas, mahasiswa Sastra Inggris juga dapat memanfaatkan Independent Learning Center (ILC). Fasilitas ini menyerupai sebuah perpustakaan yang menyediakan koleksi buku yang digunakan empat mainstream yang ada dijurusan Sastra Inggris, yaitu buku-buku linguistik, Sastra, Kajian Amerika dan Penerjemahan. Pusat Pembelajaran Mandiri ini memang dikembangkan pada mulanya dari perpustakaan jurusan yang sudah lama dimiliki dan dimodifikasi untuk menjadi sebuah pusat pembelajaran mandir. Dengan Fasilitas ini, mahasiswa selain dapat membaca dan meminjam koleksi buku yang ada, mereka juga dapat menambah materi untuk berbagai mata kuliah yang dia dapatkan di dalam kelas. Dapat mencatat kemajuan pemahaman mereka akan materi yang mereka inginkan. Selain Buku, ILC juga dilengkapi dengan berbagai macam materi visual, seperti koleksi film dalam bentuk VCR, VCD, dan DVD, serta majalah/koran berbahasa Inggris. Kemudian, untuk membantu para mahasiswa mendapatkan informasi dan perkembangan ilmu yang terbaru, di ILC juga disediakan beberapa komputer yang online internet secara gratis.

Kerja Sama

Jurusan Sastra Inggris telah menjalin kerjasama dengan Radio Republik Indonesia Stasiun Surakarta berkaitan dengan penyuluhan bahasa inggris melalui radio. Selain itu, jurusan melakukan kerja sama dengan Terang Abadi TV, sebuah stasiun TV lokal berkenaan dengan proses subtitling film berbahasa Inggris kedalam bahasa Indonesia. Kegiatan penyuluhan bahasa inggris melalui radio hanya dilakukan oleh para dosen, sedangkan untuk kegiatan subtitling beberapa kali melibatkan mahasiswa didalamnya. Sementara itu, kerjasama yang pernah dijalin dengan lembaga lain diantaranya adalah Kantor Pariwisata Surakarta, dengan guru-guru bahasa inggris se kabupaten Karanganyar, dan dengan Kedutaan Amerika berkaitan dengan penyelenggaraan seminar dan lokakarya internasional.

 

 Ilmu Sejarah


.

 



Cari Artikel
Hanya mencari di fs.uns.ac.id
 









 
 

© Copyright 2013 Fakultas Sastra dan Seni Rupa
All Rights Reserved by ICT FSSR.