tentang wanita indonesia
info kesehatan wanita
 
  KUESIONER ALUMNI & STAKEHOLDER  
Peran Pengajaran Grammar Dill Ii Dalam Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Ketika
2011-11-08, by S.Budi Waskito
 

Keberhasilan suatu program pengajaran bahasa tergantung pada beberapa faktor. Salah satunya adalah strategi pengajaran bahasa. Dalam penelitian ini peneliti melaksanakan penelitian tindakan kelas untuk membandingkan peran pengajaran grammar drill II dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa ketika menghadapi test TOEFL. Sebelum pengajaran Grammar Drill II, peneliti membri Pre-Test pada mahasiswa yang materi soalnya sama dengan yang untuk Post-Test. Dalam penelitian ini peneliti memberikan pengajaran strategi menghadapi TOEFL selama 16 kali pertemuan. Dalam tindakan ini yang diutamakan adalah strategi menghadapi test TOEFL, karena para mahasiswa telah memperoleh mata kuliah grammar drill I yang isinya mencakup materi-materi pada test TOEFL. Kemudian peneliti membandingkan antara hasil Pretest dengan Post test kemudian menghitungnya dengan korelasi product moment. Dari hasil analisanya terlihat bahwa mean Post-test jauh lebih tinggi daripada mean Pre-test karena mean Pre test = 13 (memiliki score toefl menurut table= 360) sedangkan mean Post test = 24 (memiliki score toefl menurut table = 470) tetapi setelah dianalisa dengan korelasi product moment, hasilnya adalah : Tidak ada korelasi antara Pre test dan Post test karena mahasiswa yang berasal dari kelompok bawah banyak memduduki posisi atas pada Post test dan sebaliknya.

Ada pun soal-soal yang dianggap sulit untuk kelompok atas juga dianggap sulit oleh kelompok bawah.

Agar kesimpulan ini dapat diterapkan pada semua mahasiswa penelitian semacam ini perlu dilaksanakan pada populasi dan sample yang jauh lebih luas dan banyak.

 



Cari Artikel
Hanya mencari di fs.uns.ac.id
 









 
 

© Copyright 2013 Fakultas Sastra dan Seni Rupa
All Rights Reserved by ICT FSSR.