tentang wanita indonesia
info kesehatan wanita
 
  KUESIONER ALUMNI & STAKEHOLDER  
Kebudayaan Arsitektur (tinjauan Perilaku Orang Jawa Dalam Merancang Arsitektur)
2012-01-09, by IF. Bambang Sulistyono
 

Kebudayaan meliputi segala perbuatan manusia, seperti misalnya cara ia menghayati kernatian dan membuat upacara-upacara untuk menyarnbut peristiwa itu. Demikian juga mengenai  kelahiran, seksualitas, cara-cara mengolah makanan, sopan santun waktu makan, pertanian, perburuan, cara mereka membuat alat-alat, bala pecah, pakaian, cara-cara membuat rumah dan menghiasi rumah. Itu semua termasuk kebudayaan, seperti juga kesenian, ilmu pengetahuan dan agama. Justru dari kehidupan bangsa-bangsa alam itu menjadi kentara, bagaimana pertanian, kesuburan baik dari ladang maupun dari wanita, erotik, ekspresi kesenian dan mitos-mitos religius merupakan satu keseluruhan yang tak dapat dibagi-bagi. Jadi menurut pandangan ini ruang lingkup kebudayaan sangat luas. Pergeseran kedua yang terjadi dalam isi konsep kebudayaan ialah saat ini kebudayaan dipandang sebagai sesuatu yang lebih dinamis, bukan sesuatu yang kaku dan  statis. Dulu kata kebudayaan diartikan sebagai sebuah benda, kini lebih sebagai sebuah kata kerja.

Sebagian besar waktu manusia akan dihabiskan dengan berbagai kegiatan di dalam ruang yang dinamis (in-door), sesuai dengan tingkat perkembangan kebudayaan dan kondisi lingkungan masing-masing.

Manusia dilahirkan, menghuni rumah, bekerja, belajar, membesarkan anak, menjadi tua, sakit dan bahkan meninggal dunia di dalam ruang dalam. Hal ini mayoritas terjadi di rumah tinggal.

Karenanya rumah tinggal merupakan suatu kebutuhan manusia yang esensi suatu kebutuhan pokok ( basic need ) lainnya. Rumah tinggal dirancang dan dibangun berdasarkan pola perilaku calon penghuni dengan perkiraan bagaimana manusia dapat hidup lebih nyaman.

 Kata Kunci : Orang jawa …. Arsitektur 

 



Cari Artikel
Hanya mencari di fs.uns.ac.id
 









 
 

© Copyright 2013 Fakultas Sastra dan Seni Rupa
All Rights Reserved by ICT FSSR.